Kenang-Mengenang

“Kenang. Kenanglah apa yang sudah tidak bisa kembali. Kenanglah apa yang sudah tidak bisa lagi kau miliki”

sounds hurt?

Can you blame on your friend for acting like your deceased mother? or can you blame on an author of a book for reminding you about your love story with your ex? I think a “No” is the answer.

Mengenang adalah suatu kegiatan destruktif. Kamu bisa terjebak dalam dimensi waktu, masa lalu, terbuai di dalamnya, tanpa sadar sudah melewatkan beberapa menit atau bahkan jam berharga di dimensi waktumu sekarang.

Lalu apa hasilnya dari mengenang masa lalu? Yang indah hanya akan bisa membuat mu menyesal karena saat ini hidupmu tidak seindah dulu. Yang buruk hanya akan membuatmu semakin benci pada siapapun pemeran drama hidupmu dimasa lalu. Ketika sadar, sudah ada cairan fisiologis membasahi kedua pipimu. Bersujud di atas sajadah pun justru menambah derasnya cairan itu keluar. Setelah itu? life must go on and you just wasted your showtime!

Manusia sungguh luar biasa apalagi penciptanya. Mereka mampu menyimpan ‘boomerang’ di persambungan sel-sel otak mereka sendiri. Ketika ada waktunya, kegiatan mengenang itu mengaktifkan ‘boomerang’ bagi mereka sendiri, ingatan mereka teraktivasi. Lalu apa yang terjadi? memori di otak mereka justru merusak area otak lain, limbik yang men-drive emosi. Memang dengan alat canggih tidak tampak kecacatan di otak, tapi kecacatan itu tampak di perilaku mereka. Depresi, tertawa menjadi-jadi, menangis sejadi-jadinya. Mau jadi apa dengan mengenang?

Mengenang adalah kegiatan destruktif.

Boleh jadi saya orang paling skeptis. Boleh jadi saya orang paling tidak bersyukur. But, I’ve seen the future is brighter than the past. Mengenang hanya menghalangi kita menuju ke sana.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s